Bangkutaman dan SRM Mempersembahkan: Pentas Dinamika Tour 2023

SRM Bands

Press Kit (Press Release, Foto, Poster)

Jakarta, 18 Agustus 2023 - Bangkutaman secara resmi menggelar tur album mereka. Diberi tajuk Pentas Dinamika, ini adalah tour pertama mereka di tahun ini. Dari Juni tahun 2022 lalu, mereka telah melangsungkan tur yang diberi tajuk Tau Tau Tur selama dua kali di Jawa dan Bali ditutup oleh tur mereka di Jepang pada akhir tahun lalu.    

Di tahun ini, mereka mengusung tema Pentas Dinamika Tour, sebuah tajuk sebagai sebuah presentasi  dari album Dinamika yang baru saja dirilis versi CD nya oleh demajors records pada Juni tahun ini. Yang spesial dan kemudian menjadi pembeda dari tur sebelumnya adalah mereka akan memainkan set track dari album Dinamika demi mengenalkan album ini secara luas dan langsung ke khalayak ramai.

Sebelum memulai tur ini, mereka melakukan beberapa panggung pemanasan, salah satunya di IFI (Institut Francais Indonesia) dan di Kedubes Bekasi pada Juli lalu.

Tur ini akan memulai kota pertamanya pada Agustus tahun ini, dimulai dari Jogja (19 Agustus) disusul Solo (20 Agustus), Purwodadi (25 Agustus), Surabaya (26 Agustus) ditutup Jakarta (1 September) dan Bandung (2 September).  Di rangkaian tur ini, mereka bermain di banyak tempat dan acara, dari mulai studio gig, pentas di kebun raya sampai panggung besar di festival musik.

Khusus di tur ini, Bangkutaman akan ditemani oleh beberapa musisi tambahan, diantaranya Dharmo Soedirman di keyboards dan Yehezkiel Tambun di gitar serta Taufiq Alkatiri pada posisi trumpet. Di beberapa kesempatan festival, mereka bahkan akan ditemani oleh pemain flute serta  rombongan kuartet gesek.

Goals terbesar bangkutaman akan tur ini tidak muluk-muluk, mereka hanya ingin mementaskan album Dinamika dengan baik sehingga bisa dikenal masyarakat sekaligus juga ingin menghibur fans mereka di banyak kota yang mungkin terlewat menonton mereka pada saat tur-tur di tahun lalu.

Selama perjalanan musiknya, grup yang dibentuk di Yogyakarta sejak tahun 1999 ini telah mencicipi beberapa panggung besar, baik di pensi sekolah, kampus termasuk di beberapa festival tanah air, salah satu yang populer adalah Java Rockinland, Jakarta Rock Parade, RRREC Fest & RRREC Fest in The Valley, Synchronize Festival dan Joyland Festival.

Selain di tanah air, bangkutaman juga sempat diundang di festival internasional bergengsi di Singapura, antara lain Rockin’ The Region dan Baybeats festival. Kiprah internasional mereka berlanjut di masa pandemi ini dengan ikut di ajang ASEAN Music Showcase Festival yang dihelat November 2020 silam.   

Bangkutaman belum lama ini merilis album terbaru mereka bertajuk Dinamika. Ini adalah album ketiga mereka setelah Love Among The Ruins (2000) dan Ode Buat Kota (2010). Album ini pertama kali dirilis oleh La Munai Records dalam bentuk kaset dan SRM dalam format cakram padat. Sebelumnya mereka terlebih dulu merilis single-single baru bertajuk “Dinamika”, “Badai”, “Tabib” serta “Ombak”.

Adapun single “Ombak” sendiri masuk dalam nominasi AMI Awards 2021 untuk kategori Artist/Solo/Group/Kolaborasi Karya Elektronika Terbaik. Ini adalah nominasi AMI Kedua bangkutaman setelah sebelumnya mereka masuk di kategori Karya Produksi Alternative Terbaik lewat album Ode Buat Kota di tahun 2011 silam. 

Bangkutaman adalah Wahyu ‘Acum’ Nugroho pada Vokal dan Gitar, Madava Nanda Rasika Sangga pada Bas dan Christo Putra pada Drums.

Contact :

Satria Ramadhan - 0818496654 | srmbandmanagement@gmail.com