Rangkai Mesra Tanpa Kata bersama Sekaranggi

SRM Bands

Press Kit (Press Release, Foto, Artwork)

”Seneng, sih. Aku bawain lagu yang, mungkin bisa dibilang, di luar zona nyamanku, yaa. Jadi bisa belajar dan explore lebih dalam lagi, terutama karena Rangkai ada warna etniknya. Untuk Rangkai, terima kasih atas kesempatannya, sukses selalu ke depannya.” Begitulah kesan Sekaranggi tentang keterlibatannya selama penggarapan karya terbaru Rangkai. Bersama Sekaranggi, Rangkai memercayakan lini melodi vokal duet perempuan serta isian piano akustik di rilisan nomor terbarunya berjudul Mesra Tanpa Kata.

Dalam rangka menuju album perdana Rangkai, Mesra Tanpa Kata diluncurkan dan diperdengarkan sebagai single kedua pada Jumat, 15 September 2023—menyusul nomor sebelumnya Seperti Rindu—di semua layanan platform digital. Kebetulan yang diniatkan, tanggal tersebut bertepatan dengan Safar, bulan kedua pada kalender Hijriyah. Terkait fakta lainnya, Safar dalam bahasa Arab berkata dasar ’shifr’ yang artinya kosong atau nol. Di situlah Mesra Tanpa Kata terlahir mewakili suatu kemesraan yang tidak tendensius, tanpa gelora nafsu, bahkan tanpa kata-kata. Hanya ada mesra. Titik.

Pada penanggalan wuku nenek moyang, 15 September 2023 jatuh pada hari pasaran Wage, tepatnya Jumat Wage. Apabila (seseorang) mempunyai weton Jumat Wage, maka kepribadiannya cenderung berhati lembut dan memiliki pikiran bersih. Dengan begitu, Mesra Tanpa Kata adalah lagu yang Rangkai harapkan dapat melembutkan hati dan membantu membersihkan pikiran para pendengarnya. 

”Lagu ini sebenarnya adalah salah satu karya pertamanya Rangkai yang saat itu Bimo sudah punya liriknya dan tiba-tiba ngasih ke gue. Gue inget, waktu gue berusaha bikin komposisinya seberisi mungkin karena pada masa itu formasi kami hanya berdua, belum ada Rai yang main Kontrabas, cuma Gitar Klasik dan Vokal.” tutur Mirza, gitaris Rangkai yang mengomposisi Mesra Tanpa Kata.

Formasi trio Rangkai, yaitu Mirza (Gitar Klasik) dan Rai (Kontrabas) dan Bimo (Vokal, Gender/gamelan Jawa). Pada Mesra Tanpa Kata, Rangkai dibantu oleh Ninoy (Vibraphone) dan Sekaranggi (Vokal Duet dan Piano). Mesra Tanpa Kata dikerjakan di studio Lontar, dioperatori oleh Edi Kusnadi dan melalui tahap mixing-mastering oleh Lafa Pratomo di Ruang Waktu Music, serta dihiasi artwork Khalid Albakaziy. Bersamaan dengan itu, Mesra Tanpa Kata juga terbantukan oleh Ade Firza Paloh selaku Produser dan Pengarah Artistik serta Abdullah Yusro selaku Eksekutif Produser di Setengah Lima Records.

Setengah Lima Records, label resmi Rangkai, memberikan kisi-kisi bahwa ke depannya album perdana Rangkai yang kelak dirilis dengan tajuk Hening Meriuh. Album tersebut terdiri dari 10 nomor lagu yang diniscayakan dapat dinikmati semua kalangan untuk berbagai suasana hati pendengarnya. Sambil menanti album tersebut, selamat mendengarkan Mesra Tanpa Kata. Semoga kemesraan menyertai kita semua.