70s Pop/Progressive Revival a la Ranu Pani, Melalui Single “Kelana Jauh”

SRM Bands

Press Kit (Press Release, Artwork, Photo)


Jakarta, ID - Setelah merilis album konseptual perdana mereka pada bulan lalu (21/09) bertajuk “Inklusi”, Ranu Pani, duo psychedelic-pop Jakarta, kembali merilis single yang diambil dari album penuh tersebut berjudul “Kelana Jauh”.

Melalui album konseptual “Inklusi”, projek musik yang beranggotakan Upi Maajid (vokal, gitar, multi-instrument) dan Dhika Rudhi (synth, piano, keys, vokal) ini menyuguhkan petualangan musikal dalam menyelami momen-momen kehidupan yang disajikan melalui delapan track yang digarap secara sequential atau berurutan menjadi sebuah cerita besar. “Kelana Jauh” yang merupakan lagu penutup dari album tersebut bercerita bahwa pada akhir perjalanan cerita di album ini, sampailah pada momen perpisahan yang tak bisa dielakkan.

Dengan suasana yang melankolis namun damai, dalam “Kelana Jauh”, Ranu Pani meraciknya ke dalam musik dengan gaya pop/progressive era 70an. Inspirasi penggarapan lagu ini bermula ketika Upi dan Dhika mengeksplorasi progresi chord lagu yang unik tetapi tetap enak untuk dicerna telinga layaknya lagu-lagu yang beredar pada era 70an baik di dalam maupun luar Indonesia, sebut saja setidaknya Carpenters, Yockie Suryo Prayogo, dan Utha Likumahuwa. Semuanya diramu dengan tetap di bawah payung musik utama mereka, "psychedelic-pop".

Sama seperti track lainnya dalam album “Inklusi”, Ranu Pani melakukan proses rekaman instrumen dan vokal seluruhnya di rumah salah satu dari mereka, Dhika Rudhi. Pada single kali ini mereka menggunakan instrumen utama piano grand yang sudah ada di rumah Dhika sedari dia kecil, sehingga seperti rasa lagunya itu sendiri, karya ini terasa intim dan sentimental bagi kedua dari Ranu Pani. Kemudian mereka tambahkan dengan sentuhan synthesizer yang menggelitik kuping, seperti karya mereka yang sudah-sudah.

"Gue suka dan seneng banget bisa membuat lagu ini. Rasanya kayak dari dulu gue pengen bisa bikin lagu yang seperti ini, lagu pop yang terasa muncul di tahun 70an atau 80an awal, hangat, adem, ada sentuhan keharuan", ungkap Upi Maajid, penulis dan produser dari single ini

Dhika Rudhi juga menambahkan bahwa selain kecintaan mereka pada musik pop/progressive era 70-80an, mereka rasa belum begitu banyak yang mengangkatnya kembali di era sekarang dimana musik-musik lainnya sedang revival.

“Kelana Jau tersedia secara digital sejak 26/10 di seluruh digital streaming platform melalui SRM Bookings & Services. Tersedia juga lirik video single ini pada kanal YouTube Ranu Pani.


Contact:

Upi (0822 4214 7128)

ranupanimusic@gmail.com

Instagram: @ranupani__